Halaman

Kamis, 26 Juni 2014

PERBEDAAN LAPORAN BESERTA CONTOHNYA

Pengertian laporan 
Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi karena dalam suatu organisasi dimana hubungan antara atasan dan bawahan merupakan bagian dari keberhasilan organisasi tersebut. Dengan adanya hubungan antara perseorangan dalam suatu organisasi baik yang berupa hubungan antara atasan dan bawahan, ataupun antara sesama karyawan yang terjalin baik maka akan bisa mewujudkan suatu sistem delegation of authority dan pertanggungjawaban akan terlaksana secara effektif dan efisien dalam organisasi.
  
Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan suatu kegiatan.

Dalam pembuatan suatu laporan formal, bahasa yang digunakan haruslah bahasa yang baik, jelas dan teratur. Bahasa yang baik tidak berarti bahwa laporan itu mempergunakan gaya bahasa yang penuh hiasan, melainkan dari segi sintaksis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan yang baik antara satu kata dengan kata yang lain dan antara satu kalimat dengan kalimat lain. Penggunaan kata ganti orang pertama dan kedua harus dihindari, kecuali penggunaan kata ”kami” bila yang menyampaikan laporan adalah suatu badan atau suatu tugas.

A. Prinsip – prinsip Penulisan laporan

Laporan pada dasarnya adalah alat komunikasi juga. Supaya dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif, sebuah laporan harus memenuhi syarat–syarat berikut ini.

1. Lengkap
Artinya data dan fakta yang ada dalam laporan harus lengkap

2. Jelas
Sebuah laporan disebut jelas bila uraian dalam laporan tidak memberi peluang ditafsirkan secara berbeda oleh pembaca yang berbeda. Ini dapat dicapai bila bahasa yang digunakan benar dan komunikatif

3. Benar / akurat
Data dan fakta yang salah dapat menuntun pembaca membuat suatu keputusan yang salah. Jadi kebenaran dan keakuratan isi laporan sangat diperlukan.

4. Sistematis
Laporan harus diorganisasikan sedemikian rupa, dengan system pengkodean yang teratur, sehingga mudah dibaca dan diikuti oleh pembaca. Laporan yang sistematis juga menunjang unsur kejelasan yang sudah diciptakan oleh unsur – unsur bahasa.

5. Objektif
Penulis laporan tidak boleh memasukkan selera pribadi ke dalam laporannya. Pelapor harus bersikap netral dan memakai ukuran umum dalam minilai sesuatu.

6. Tepat waktu
Ketepatan waktu mutlak diperlukan, karena keterlambatan laporan bisa mengakibatkan keterlambatan pengambilan keputusan.
B. Jenis Laporan

Laporan dapat digolongkan menurut :

1. Maksud pelaporan
Laporan informativ, yaitu laporan yang dimaksudkan untuk memberi informasi dan bukan dimaksudkan untuk memberi analisis atau rekomendasi. Titik pentingnya adalah pemberian informasi yang akurat dan terinci.
Laporan rekomendasi, yaitu laporan yang di samping memberikan informasi juga menyertakan pendapat si pelapor, dengan maksud memberikan rekomendsasi (usul yang tidak mengikat). Meski demikian akurasi dan rincian informasi tetap diperlukan supaya rekomendasi yang diberikan juga meyakinkan.
Laporan analitis, yaitu laporan yang memuat sumbangan pikiran si pelapor, bisa berupa pendapat atau saran, setelah melalui analitis yang matang dan mendalam. Kebanyakan laporan akademis berada pada kategori ini.
Laporan Pertanggungjawaban, di mana si pelapor memberi gambaran tentang pekerjaan yang sedang dilaksanakan (Progress report) atau sudah dilaksanakan (bersifat evaluatif).
Laporan Kelayakan (feasibility report). Pelapor menganalisis suatu situasi atau masalah secara mendalam untuk menuju penilaian yang bersifat pilihan: layak atau tidak. Berbagai alternative dinanalisis, kemudian ditentukan mana yang lebih baik.

2. Bentuk Laporan
Laporan berbentuk Memo; Biasanya laporan pendek yang memuat hal – hal pokok saja, dan beredar di kalangan intern organisasi.
Laporan berbentuk Surat; Isinya lebih panjang daripada laporan yang berbentuk memo, sekitar tiga lembar folio. Bisa ditujukan ke luar organisasi.
Laporan berbentuk naskah; Laporan ini bisa panjang atau pendek. Bila panjang dibuat dalam format buku, dan dalam penyampaiannya mutlak diperlukan surat atau memo pengantar.
Laporan berbentuk Campuran; Laporan ini tidak lain gabungan antara bentuk naskah dengan memo atau surat. Dibuat begini karena isinya cukup kompleks sehingga harus dipadukan dengan bentuk naskah agar pengkodean bagian – baiannya lebih mudah dilakukan.
Laporan berbentuk formulir.
Laporan berbentuk buku.

3. Waktu Penyampaian

Laporan Insidental; Laporan ini tidak disampaikan secara rutin, hanya sekali- sekali saja dalam rangka suatu kegiatan yang tidak terjadwal tetap.
Laporan Periodik; Ditulis dalam suatu periode tertentu dan dinamai sesuai periodenya pula. Contoh: Laporan harian, Mingguan, Bulanan dan seterusnya.   
Sistematika laporan 
Laporan ilmiah dapat berbentuk naskah atau buku karena berisi hal-hal yang terperinci berkaitandengan data-data yang akurat dan lengkap.Laporan ilmiah atau laporan formal terdiri atas:
1.bagian awal, terdiri atas :
a.halaman judul:judul, maksud, tujuan penulisan, identitas penuli, intansi asal, kotapenyusunan,dan tahun.
b. halaman pengesahan (jika perlu)
c. halaman motto/semboyan(jika perlu)
d. halaman persembahan (jika perlu)
e. prakata
f.daftar isi
g.daftar table
h. daftar grafik
i. daftar gambar 
 j.abstrak: uraian singkat tentang isi laporan 2. bagian isi
a.bab I pendahuluan berisi tentang :
(1) latar belakang
(2)identitas masalah
(3) pembatasan masalah
(4)rumusan masalah
(5) tujuan dan manfaat
b. bab II: kajian pustaka
c. Bab III:metode
d. bab IV:pembahasan
e. bab V: penutup
3. bagian akhir a. daftar pustaka b.daftar lampiran c. indeks : daftar istilah
   Jenis-jenis laporan
a. Laporan Program Kerja 
b. Laporan Ilmiah 
c. Laporan  pertanggung  jawaban

Laporan adalah satu bentuk penyataan yang logikal dan tersusun. Ianya mengandungi bahagian-bahagian, tajuk-tajuk dan subtajuk-subtajuk. Sebab-sebab laporan ditulis; 
Mengenal pasti masalah 
Memberikan maklumat dan fakta 
Mencadangkan penyelesaian 
Mencadangkan tindakan yang perlu dilakukan 
Membuat kesimpulan 
Menilai sesuatu penyelidikan atau aktiviti 
Membuat rekod sesuatu peristiwa 
Menganalisi aktiviti perniagaan
 Mensintesis sesuatu pelan tindakan 
Menghuraikan sesuatu peristiwa, prosedur, tindakan dll. 
 Laporan boleh berbentuk pendek atau panjang dalam format informal atau formal 

Sifat Laporan 

Laporan yang baik harus ditulis dengan bahasa yang baik dan jelas sehingga menimbulkan pengertian yang tepat, bukan kesan atau sugesti. Di bawah ini adalah sifat-sifat yang harus dikandung oleh sebuah laporan. 

1. Mengandung imaginasi 

Hal ini memiliki pengertian bahwa pelapor harus tahu secara tepat siapa yang akan menerima laporan. 

2. Sempurna dan komplit 

Tidak boleh ada hal-hal yang diabaikan bila hal-hal tersebut diperlukan untuk memperkuat kesimpulan dalam laporan itu. Selain itu laporan tidak boleh mengandung unsur yang menyimpang dan memihak. 

3. Disajikan secara menarik 

Pelapor harus berusaha menarik perhatian si penerima laporan dengan nilai yang terkandung di dalam laporan. 

Dasar-dasar Laporan 

1. Pemberi Laporan 

Pemberi laporan dapar berupa perorangan atau badan 

2. Penerima Laporan 

Penerima laporan adalah perorangan atau badan yang menuugaskan atau dianggap perlu mendapatkan laporan tersebut. 

3. Tujuan Laporan 

Umumnya tujuan laporan adalah untuk mengatasi suatu masalah, mengambil suatu keputusan yang lebih efektif, mengetahui perkembangan suatu masalah, mengadakan pengawasan dan perbaikan, menemukan teknik baru, dan sebagainya. 

Bahasa Laporan 

Sekurang-kurangnya dari segi sintaksis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan yang baik antara satu kalimat dengan kalimat yang lain. Bidang yang dilaporkan dan orang yang menerima laporan seringkali mempengaruhi gaya bahasa yang digunakan. 

Macam-macam Laporan 

1. Laporan berbentuk formulir isian 
    Jenis laporan ini biasanya bersifat rutin dan sering berbentuk angka-angka. 

2. Laporan berbentuk surat
    Biasanya bentuknya lebih panjang dari surat-surat biasa. 

3. Laporan berbentuk memorandum
   Jenis laporan ini sering digunakan untuk laporan yang singkat. 

4. Laporan perkembangan dan laporan keadaan
 Laporan perkembangan adalah suatu macam laporan untuk menyampaikan perkembangan, perubahan atau tahap mana yang sudah dicapai dalam usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Laporan keadaan adalah laporan yang menggambarkan kondisi yang ada pada saat laporan itu dibuat. 

5. Laporan berkala 
   Jenis laporan ini dibuat dalam jangka waktu tertentu. 

6. Laporan laboratories 
   Salah satu tujuan dari laporan laboratoris adalah menyampaikan hasil dari percobaan atau kegiatan yang dilakukan dalam laboratorium. 

Laporan formal adalah laporan yang memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu, nadanya bersifat impersonal dan materinya disajikan seperti dalam suatu pola struktur yang terdapat dalam buku-buku. Bila terdapat satu atau dua persyaratannya yang tidak dipenuhi, disebut laporan semi-formal, sedangkan laporan yang tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan disebut laporan non-formal.

Laporan formal, semi-formal, dan non-formal merupakan laporan yang bersifat resmi (formil). Bila laporan tersebut bersifat pribadi dan bentuknya sesuai dengan keinginan penulis maka laporan itu bersifat tidak resmi (informil). 

Ciri-ciri umum untuk menentukan apakah suatu laporan termasuk laporan formal: 

1. Harus ada halaman judul 

2. Biasanya ada sebuah surat penyerahan 

3. Memiliki daftar isi 

4. Ada sebuah ikhtisar (atau abstrak) yang mengawali laporan 

5. Ada bagian pendahuluan 

6. Bila ada kesimpulan dan saran (rekomendasi) biasanya diberi judul tersendiri 

7. Isi laporan yang terdiri dari judul-judul dengan tingkat yang berbeda-beda 

8. Bernada resmi, bergaya impersonal 

9. Bila perlu disertai dengan tabel-tabel dan angka-angka, baik yang terjalin dalam teks laporan maupun dikumpulkan dalam satu bagian tersendiri 

10. Biasanya didokumentasikan secara khusus 

Laporan formal adalah laporan yang memenuhi semua persyaratan di atas, nadanya bersifat impersonal, dan materinya disajikan dalam suatu pola struktur seperti yang terdapat dalam buku-buku. Bila ada satu atau beberapa syarat tidak terpenuhi, laporan itu disebut semi-formal sedangkan laporan yang tidak memenuhi persyaratan di atas disebut laporan non-formal. 

Struktur Laporan Formal 

1. Halaman judul 
   Jangan menggunakan judul yang terlalu panjang. 

2. Surat penyerahan
    Surat penyerahan atau letter of transmittal berfungsi sebagai kata pengantar pada sebuah buku. 

3. Daftar isi
   Bagian ini memuat rekapitulasi dari semua judul yang ada dalam laporan. Pokok-pokok yang paling penting ditempatkan semakin ke kiri. 

4. Ikhtisar dan abstrak 
   Ikhtisar merupakan bagian dari tulisan yang menyampaikan informasi penting dari sebuah laporan dalam bentuk yang sangat singkat. 

Abstrak adalah bagian uraian yang sangat singkat, jarang lebih panjang dari enam atau delapan baris untuk menerangkan aspek-aspek yang tercakup dalam sebuah uraian. 

1. Pendahuluan 

2. Isi laporan 

Isi laporan menyangkut inti persoalan. 

1. Kesimpulan dan saran 

2. Bagian pelengkap 


CONTOH LAPORAN HASIL WAWANCARA (NARASI)

Berdasarkan petunjuk, metode, dan teknik pelaksanaan wawancara yang dipaparkan pada posting sebelumnya. Berikut contoh laporan hasil wawancara yang disusun menggunakan narasi. 

Laporan Hasil Wawancara
Hari/Tanggal Pelaksanaan     : Selasa, 27 Januari 2011
Waktu Pelaksanaan              : 12.15 WIB
Tempat Pelaksanaan             : Kantor Desa Cibunar
Narasumber                         : Mulya Sukmana (Kepala Desa Cibunar)
Pewawancara                      : Noer fajrin, Annisa Aprinia, Popi Fadilah
Tema wawancara                 : Seputar Desa Cibunar
Tujuan wawancara              : Mengetahui perkembangan Desa Cibunar berdasarkan bidang pendidikan dan
                                            kesejahteraan masyarakat desanya.
Hasil Wawancara
Mulya Sukmana (narasumber) sebagai Kepala Desa Cibunar, yang telah menjabat selama 2 periode dari tahun 1999 sampai 2011 inilah masa bakti beliau. Tugas, wewenag, kewajiban dan Hak Kepala Desa adalah memimpin penyelenggaraan pemerintahan Desa Cibunar berdasarkan kebijakan yang diterapkan bersama BPD Desa Cibunar, Mengajukan rancangan peraturan desa, membina kehidupan masyarakat Desa cibunar, membina perekonomian masyarakat Desa Cibunar, mengkoordinasikan pembangunan desa secara partisipatif.
Jumlah penduduk Desa Cibunar sekitar 13.000 jiwa yang mayoritas penduduknya pemeluk agama islam, dari jumlah tersebut sebagian besar masyarakatnya adalah masyarakat yang berpendidikan. Seperti yang dipaparkan oleh Mulya Sukmana, Kepala Desa Cibunar, “Kualitas pendidikan di desa Cibunar sudah sangat membaik karena sudah banyak anak-anak berprestasi baik secar akademik maupun nonakademi, hal ini didunkung oleh sarana belajar yang optimal.” Selain itu, beliau juga menegaskan bahwa di desa tempat mereka tinggal saat ini sering sekali melaksanaan sarasehan dan lokakarya, demi memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat desa dalam bidang-bidang tertentu, khususnya pendidikan.
Namun dari 13.000 jiwa yang berdiam di Desa Cibunar, ada sebagian warganya yang kurang mampu dari segi ekonomi. Oleh karena itu desa ini juga mendapat bantuan RASKIN ( Beras Miskin) beras dari pemerintah yang sudah di subsidi seperti di desa-desa lainnta yang taraf perekonomiannya masih rendah. Penyaluran beras dilakukan melalui para ketua RT, masing-masing RT mendapat umumnya memperoleh pembagian RASKIN kurang lebih sebanyak 25 karung beras, tiap 1 karungnya seberat 25 kg. Bantuan ini cukup membantu warga yang masih kurang mampu tersebut.
Rasa tolong-menolong yang kuat di lingkungan Desa CIbanur sangatlah erat, tentunya hal ini dapat kita contoh dan terapkan di lingkungan tempat tinggal sehari-hari. Sehingga terjalin kekeluargaan antarsesama warga dalam suatu lingkungan masyarakat tertentu.





1 komentar: