Halaman

Jumat, 14 Juni 2013

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan


                   Faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan


Pembentukan kapasitas kemampuan dan mentalitas merupakan faktor yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Bisa menjadi pimpinan sekaligus sahabat bagi orang disekitarnya, jarang sekali kita temui orang terlahir dengan karakter seperti ini.

Berikut adalah faktor yang mempengaruhi kemampuan kepemimpinan:

Faktor Individu

Merupakan faktor yang dipengaruhi oleh karakteristik, tingkah laku, kepribadian, sifat, motivasi, wawasan, dan tanggung jawab. Pemimpin harus memiliki semua hal tersebut, barulah kita bisa dinyatakan siap menjadi pemimpin dan menjadi panutan bagi masyarakat di sekitarnya.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan adalah faktor yang terbentuk dari keluarga, masyarakat, sahabat, dan tetangga. Faktor ini berfungsi sebagai pendukung, tetapi juga penting untuk seseorang yang ingin menjadi pemimpin, karena keluarga, sahabat dan masyarakat sudah menjadi bagian dalam hidup kita. Tempat dimana kita bisa menumpahkan isi hati, ide kreatif untuk membuat suatu terobosan baru, dan lainnya.

Faktor Sosial

 Merupakan faktor dimana kita sebagai manusia dengan kodratnya sebagai mahluk individu juga mahluk sosial harus bisa membaur dengan lingkungan sekitarnya, misalnya dengan keluarga, teman kerja dan masyarakat sekitar. Jika kita bisa lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, niscaya akan lebih bisa mengerti perasaan orang di sekitar kita dan menempatkan diri pada segala situasi dan kondisi yang ada.



Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Namun hanya sedikit orang yang terlahir telah membawa bakat kepemimpinan. Apakah kita termasuk di dalamnya?




Sumber:
http://bloggerspemalang.blogspot.com/2011/12/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-jiwa.html
http://www.suaramerdeka.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar