Pengertian
Team Work
Yang dimaksud pengertian kerjasama adalah pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh individu tapi dikerjakan secara bersamaan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ringan.
Yang dimaksud pengertian kerjasama adalah pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh individu tapi dikerjakan secara bersamaan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ringan.
Wujud dari kerjasama bisa
merupakan kerja kelompok ataupun kerja yang mencakup skala luas misalnya
kerjasama antar organisasi atau kerjasama antar negara (kerjasama
internasional).
Dengan menerapkan konsep
kerjasama maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan
yang berat atau membutuhkan kekuatan kelompok.
Kita ini dilahirkan
sebagai mahluk sosial. Tuhan menciptakan kita dengan dua tangan dan dua kaki.
Mustahil seseorang bisa melakukan semuanya secara sekaligus. Tuhan sebenarnya
mau setiap kita dalam pencapaian kesuksesan kita melakukannya bersama – sama
bahkan bahu – membahu dengan saling bekerja sama. Tentunya proses pencapaian
kesuksesan yang dilakukan bersama – sama akan lebih mudah daripada melakukannya
sendirian.
Contohnya saja seperti
ini. Andaikan saat ini Anda adalah seorang pakar keuangan. Kemudian Anda mau
membuat rumah Anda menjadi lebih indah dengan membuat kebun di belakang rumah,
sehingga rumah akan menjadi lebih asri. Keahlian yang dimiliki Anda saat ini
adalah keahlian di bidang keuangan. Anda bisa membuat alokasi dana yang
diperlukan untuk membuat kebun (budget), akan tetapi Anda sendiri tidak punya
keahlian untuk membuat kebun. Lantas, Anda belajar bagaimana cara membuat kebun
yang indah, melalui proses ujicoba akhirnya Anda berhasil membuat kebun dengan
kategori puas.
Akan tetapi jika Anda
berpikir mengerjakan ini secara tim, tentunya hasilnya akan lebih cepat.
Misalnya Anda membayar seorang ahli kebun untuk merancangkan kebun sesuai
dengan yang Anda inginkan. Kemudian Anda bisa secara detail menjelaskan seperti
apa yang menjadi kemauan Anda tersebut. Hal ini tentunya akan lebih mudah serta
kebun di rumah Anda menjadi lebih cepat jadi bukan? Bahkan ongkos energi serta waktu Anda
tidak terbuang dengan sia – sia. Inilah salah satu kekuatan dari teamwork.
JENIS
TIM
a. Tim Formal
Tim formal diciptakan oleh
organisasi sebagai bagian dari struktur formal organisasi. Dua jenis tim formal
yang paling umum adalah tim vertikal dan tim horizontal.
b. Tim Vertikal
Tim vertikal terdiri dari
seorang manajer dan para bawahannya dalam rantai komando formal. Terkadang tim
ini disebut tim fungsional atau tim komando. Setiap tim diciptakan
oleh organisasi untuk mencapai tujuan – tujuan tertentu lewat aktifitas dan
interaksi bersama para anggota.
c. Tim Horizontal
Tim horizontal terdiri
atas karyawan – karyawan dari tingkat hierarkis yang hamper sama, tetapi dari
bidang keahlian yang berbeda. Dua jenis tim horizontal yang paling umum adalah
angkatan tugas dan komite.
tips
bagaimana membuat tim yang solid :
Pertama,
tentukan visi bersama yang mau dicapai.
Langkah pertama ini adalah
langkah yang terpenting. Tanpa adanya penentuan sasaran atau visi, ini akan
membuat apa yang dikerjakan menjadi tidak terarah bahakan akan menjadi salah
sasaran. Untuk itu, cobalah luangkan waktu terlebih dahulu untuk mengetahui apa
yang sebenarnya menjadi visi yang mau dicapai.
Kedua, selalu
ingatkan akan visi bersama yang mau dicapai.
Visi tidak hanya bisa
dicapai dengan satu kali set lalu selesai. Survei membuktikan, kalau visi
secara terus – menerus diingatkan dalam waktu yang berkala, pasti visi itu akan
lebih mudah dicapai. Mengapa? Karena saat sudah mulai bergeser tindakan yang
mau diraih saat mengejar pencapaian visi tersebut, dengan visi yang diingatkan
kembali secara berkala akan membuat kita mengarahkan kembali ke visi yang sudah
ditentukan di awal.
Ketiga, dukung
untuk terjadinya kerjasama untuk pencapaian visi.
Sebagai superior / leader,
teruslah memberikan dukungan terhadap tim untuk saling bekerja sama mencapai
visi. Ingatkan bahwa benefit yang akan dinikmati juga akan dinikmati bersama
kelak. Jika kita sendiri adalah pemain timnya, maka dukunglah apa yang sudah
ditentukan oleh leader kita, dukung juga rekan yang lainnya untuk bisa saling
membantu dalam proses pencapaian visi tersebut.
Berikut
poin-poin teamwork yang baik:
1. Teamwork
adalah kerjasama dlm tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan
kepentingan.
2. Sama-sama
bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
3. Filosofi
teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa
yang saya tidak bisa.
4. Ketika
berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, deparmen harus
disingkirkan.
5. Dalam
teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
6. Keragaman
individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika
tidak ada saling pengertian.
7. Saling
pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal
sukses bersama.
8. Jika
setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan
segera terealisasi.
9. Individu
yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team. Bayangkan
jika si A mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target bersama
bermuara kemana?
10. Keahlian
masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat
proses pencapaian target.
11. Kendalikan
ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemboikotan
kerjasama.
12. Dengan
pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak
perlu waktu yang lama.
13. Ingatlah
selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work
Nama : Nashchan Arsyad
Npm : 15111106
Kelas : 2KA34
Tidak ada komentar:
Posting Komentar